Selasa, 21 Februari 2017

Watak Asli Freeport; ekspansionis, gertak, ancam dan rakus




Kejayaan freeport tak lepas dari karakternya yang memanfaatkan kekuasaan negara untuk menjalankan bisnisnya.Cara di amerika sampai ke Indonesia. Kalangan pejabat tinggi negara disulap menjadi pendukung perusahaan.Henry Kissinger dikenal sebagai kuda freeport yang melakukan berbagai cara untuk kepentingan perusahaan ini.

 Menurut arki,Pada siaran pers terbaru yang dilakukan oleh Richard di Jakarta, dia juga menyinggung salah satu pemegang saham fcx saat ini menduduki jabatan di kepemimpinan trump. Sinyal adanya penekanan.Pada siaraan pers tersebut juga pemimpin pusat freeport mengakui sumbangsih mereka pada negara dan pendapatan mereka miliaran dollar.Secara gamblang freeport menyampaikan bahwa kontrak karya lebih utama ketimbang aturan negara yang baru dikeluarkan pemerintah Indonesia.

Presiden Jokowi konsisten menjalankan amanat UU Minerba melalui PP 1 2017. Kebijakan tersebut tak digubris freeport. Seolah perusahaan meremehkan amanat hukum negara
Kontradiksi kk vs PP pun kian kroniks. Amerika lebih memilih skema kontrak karya, indonesia wajib menerapkan UU minerba. Pertentangan pun akan berakhir dengan solusi. Publik yang mengikuti dinamika freeport ini sudah memahami apa maunya freeport dan apa maunya pemerintah RI.

Lanjut kata arki,Freeport berpatokan pada KK-II yang masa berlaku habis tahun 2021 dan diperpanjang lagi hingga 2041. Pemerintah RI berpatokan pada regulasi UU 4/2009 yang mewajibkan skema diveatasi. Kini, wajib divestasi 51 persen di lawan freeport dengan memaksakan perubahan regulasi indonesia

Masih kata arki,Bila dibiarkan dan terlalu lembut melayani kepentingan bisnis asing ini, pemerintah jangan berharap banyak mampu mewujudkan kedaulatan ekonomi dan energi bangsa. Sebab, bila masih lembek, faktor freeport ini mempengaruhi usaha tambang lainnya kedepan akan menginjak injak kedaulatan.

Dengan demikian arki menegaskan,Sewaktu diskusi soal energi bangsa di Jakarta, saya sudah mengatakan bahwa yang namanya freeport ini karena sudah terlalu lama menikmati kekayaan di Papua, tak bakalan dia mau lepas saham 51 persen. Kenapa? Freeport di grasberg itu aset utama bagi induknya.

Demikian kata arki,Papua dikenal dunia lantaran dua aspek. Punya tambang besar dunia dan konflik sosial. Timika dan daerah di sekitar pegunungan tengah Papua lumbung konflik sepanjang masa selang freeport datang.

Freeport pergi, trada konflik. Jelas toh!
#ArkiPapua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar